Antara Sains, Akal dan Iman

Segala puja bagi Allah Tuhan Semesta Alam yang telah memberi kita segala nikmat. Baik nikmat jasmani maupun nikmat ruhani. Sehingga buku sederhana yang berjudul Antara Sains, Akal dan Iman ini dapat terselesaikan dengan baik.

Buku ini hadir dilatarbelakangi oleh ungkapan-ungkapan atau falsafah hidup manusia yang masih tersembunyi dari akal dan nalar pemikiran manusia. Kehadiran buku ini meskipun hanya setitik kecil debu dari luasnya pemahaman keilmuan yang ada di muka bumi ini, mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan atau wawasan tentang kehidupan manusia.

Karena tiga hal yang mendasar dalam kehidupan manusia akan berjalan selaras tidak saling bertentangan satu sama lain. Ketiganya tersebut adalah Sains, Akal dan Iman. Sains atau ilmu pengetahuan akan tidak bertentangan dengan keimanan dalam beragama. Demikian juga sebaliknya, kehadiran agama tidak akan menyalahi hukum alam yang semuanya harus bisa diterima akal/ logika manusia dalam kehidupan di dunia. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan tidak mungkin berjalan sendiri-sendiri dengan arah tujuan yang berbeda.

Meskipun dalam beragama terdapat hal-hal yang bersifat gaib, bukan berarti menyalahi hukum alam. Untuk itu para Nabi dan Rasul diutus untuk membimbing umat manusia supaya jangan salah jalan.

Akhir kata, mudah-mudahan buku sederhana ini membawa manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.