Perlukah Vaksin Covid-19 Pada Anak-Anak ?

Jumat [21/01/22] jadwal vaksinasi Covid-19 untuk anak 6 – 11 tahun di sekolah dimana sang anak juga mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut. Vaksinasi terlaksana atas dasar ijin dari orang tua, dimana pada usia tersebut masih dalam pengawasan atau tanggung jawab orang tua.

Pemahaman akan pentingnya vaksinasi tidak saja pada Covid-19 tertanam kuat, hingga pada pemberian vaksin untuk Covid-19 tidak ada kendala. Tidak memerlukan waktu lama dalam proses registrasi sampai tahap penyuntikan. Yang pada akhirnya berjalan lancar, dan pasca vaksin juga tidak ada keluhan seperti yang diharapkan.
“Dari mana?” tanya seorang teman. 
Pertanyaan tersebut diajukan seorang teman yang sedang duduk-duduk di teras rumah ketika kami baru pulang vaksin.
“Dampingi Thole vaksin,”
“Lo… ko dikasih?”
“Ga apa-apa”
“Kalau anakku ga kukasih vaksin, karena sampai sekarang pemerintah tidak bisa menerangkan tentang vaksin tersebut,” jelasnya. Sampai disini saya paham akan arah pembicaraan.
Jadi apa pentingnya vaksinasi bagi tubuh kita ? 
 
Tubuh punya kekuatan dalam melawan penyakit, saat tubuh mengenal penyakit tubuh akan berupaya membentuk sistem kekebalan untuk melawan suatu penyakit. Karena vaksin itu terbuat dari virus atau bakteri yang sudah dilemahkan, yang fungsinya membuat badan kita jadi kenal lalu jadi kebal untuk melawan penyakit tersebut. 
 
Terkait vaksin untuk Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun, resmi dimulai Selasa (14/12/21). Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyaksikan langsung vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun yang dilaksanakan perdana di SDN 01 Depok, Jawa Barat.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan bahwa vaksinasi anak usia 6-11 tahun merupakan langkah positif dari pemerintah dalam rangka melindungi anak dari Covid-19. Selain itu, untuk meningkatkan rasa percaya diri orang tua ketika anak akan memulai pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Vaksin ini sudah mendapatkan status EUA dari BPOM dan BPOM sudah mengkaji sudah sangat lama. Bahkan izin ini sudah dikeluarkan BPOM jauh-jauh hari, jadi insya Allah aman,” tandas Menko PMK.

“Vaksinasi ini penting karena anak merupakan mata rantai dari herd immunity. Karena kalau anak-anak ini sudah divaksin, terlindungi, maka kakek neneknya, yang dekat dengan yang bersangkutan, yang usia lanjut juga lebih aman. Apalagi kalau kakek neneknya itu sudah divaksin tentu saja jauh lebih aman,” pungkas Muhadjir.

Manfaat menerima vaksin Covid-19 antara lain:

1. Merangsang sistem kekebalan tubuh

Vaksin terdiri dari berbagai produk biologi dan bagian dari virus yang sudah dilemahkan dan disuntikkan ke dalam manusia. Proses ini akan merangsang timbulnya imun atau daya tahan tubuh seseorang.

2. Mengurangi risiko penularan tubuh

Seseorang yang telah disuntikkan vaksin akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah dilemahkan tersebut. Dengan demikian tubuh akan mengenal vurs dan mengurangi risiko terpapar.

3. Mengurangi dampak berat dari virus

Dengan kondisi kekebalan tubuh yang telah mengenali virus, maka jika sistem imun seseorang kalah dan kemudian terpapar maka dampak atau gejala dari virus tersebut akan mengalami pelemahan.

Anggota Satgas Imunisasi IDAI (Ikatan Dokter Indonesia), Cissy RS Prawira Kartasasmita, pada keterangan pers dari Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) – KPCPEN, Selasa (21/12/2021) mengatakan bahwa meskipun bergejala ringan jika terkena virus, namun anak-anak rentang usia tersebut tetap harus mendapat perhatian. Hal ini karena gejala bisa memberat dan berdampak serius. Karena itu, vaksinasi untuk anak 6-11 tahun tetap dipandang perlu.
 

Tentang keamanan vaksin, Cissy menyatakan, vaksin anak-anak aman karena sudah melalui tahapan uji klinis sama halnya dengan vaksin untuk dewasa. “Vaksin untuk anak usia 6-11 tahun sudah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan POM, yaitu vaksin Sinovac. Hal ini tentunya sudah memenuhi kriteria aman dan berkhasiat,” tegasnya.

Selain itu, vaksin ini sudah memenuhi berbagai tingkat penelitian dan pemakaian jutaan dosis di semua kelompok usia. ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) dan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) sudah merekomendasikan vaksin Sinovac untuk anak 6-11 tahun.

Jadi apa lagi yang diragukan ? Keputusan pemerintah adalah yang terbaik untuk seluruh lapisan masyarakat.

Referensi:

https://dinkes.pacitankab.go.id/apa-itu-vaksinasi-dan-fungsinya-terhadap-tubuh/
https://www.kemenkopmk.go.id/vaksinasi-covid-19-anak-usia-6-11-tahun-resmi-dimulai
https://edukasi.kompas.com/read/2021/12/20/150400671/manfaat-menerima-vaksin-covid-19-anak-6-11-tahun-siswa-perlu-tahu?page=all
https://kominfo.go.id/content/detail/39383/vaksin-covid-19-untuk-anak-aman/0/virus_corona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.