Qurban Mushalla Al Munawaroh

Allahu Akbar… Allahu Akbar… Allahu Akbar. Suara takbir menggema ke seluruh pelosok negeri. Hari ini Minggu 10 Juli 2022 adalah hari berar umat muslim yaitu Hari Raya Idul Adha. Meski di berbagai tempat terdapat selisih waktu tentang hari raya tersebut tapi tidak mengurangi kekhusukannya.

Sekelumit tulisan ini bukan mau membahas tentang perbedaan dari Hari Raya Idul Adha anatara hari Sabtu dan Minggu (09/10 Juli 2022 karena pada dasarnya yang merayakan sudah mempunyai keyakinana masing-masing. Tapi dalam coretan pena kali ini lebih ke arah kegiatannya.

Seperti tahun tahun sebelumnya, di hari raya ini kita masih direkrut menjadi panitia qurban di Mushalla Al Munawarah. Sejak tahun 2015 hingga 2022 sudah terhitung 7 tahun menjadi panitia qurban. Mushalla Al Munawarah berlokasi di Pondok Pesantren Karya Pembangunan Jalan Pelita Sampit.

Panitia qurban ini diketuai oleh Mafud, S.Pd. dan Wakil Ketua Agus Purwanto. Sementara penasehat/ Pembina adalah Amrullah Hadi yang juga Ketua MUI Kotawaringin Timur.

Dalam menangani pekerjaan ini, anggota panitia sudah paham dengan tugas masing-masing karena bukan lagi pemain baru di kepanitiaan. Hingga dengan menempati posisi masing-masing pekerjaan terselesaikan dengan tepat waktu sesuai dengan jam pengambilan daging qurban di kupon yang dibagikan.

Sementara ibu-ibu bertugas menyiapkan hidangan makan siang untuk para panitia. Berbagai menu terhidang. Ada sup daging, tahu goreng, jagung dan tepung goreng, kerupuk dan berbagai olahan dari daging.

Memasuki pukul 11.00 WIB daging qurban sudah mulai dibagikan karena sudah 95 % pengerjaan selesai jadi yang 5 % sambil jalan terselesaikan.

Setelah selesai shalat Duhur berjamaah barulah para panitia menikmanti hidangan yang sudah siap sedia. Untuk tahun ini memang tidak sebanyak tahun sebelumnya panitia yang direkrut. Disebabkan pemotongan hanya ada 2 sapi yang biasanya sampai 4 ekor.

Tepat pukul 13.00 WIB panitia dibubarkan yang menandakan bahwa kegiatan penyembelihan qurban Mushalla Al Munawarrah telah selesai. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.